Minggu, 19 April 2020

Belajar Diagram Batang

Selamat Pagi, perkenalkan nama saya Rina Handayanti, biasa dipanggil ibu guru Rina. Saat ini saya bekerja sebagai seorang guru kelas 3 di SDN Pinang 7 Kota Tangerang. Sebagai seorang guru kita harus mempunyai kreatifitas dalam mengajar agar murid-murid tidak merasa bosan dan jenuh. Mengenai PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh saya memberikan tugas kepada murid-murid melalui berbagai macam bentuk aplikasi media online, bisa melalui Blog, WAG, Quizizz, GForm, FB, Instagram, You Tube, dll.

Melalui Blog hari ini, saya akan memberikan Pembelajaran Online untuk murid kelas 3 SD dengan Materi Pembelajaran :

Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 3 : Aku Suka Berpetualang
Pembelajaran ke : 1
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia (3.9, 4.9)  Matematika (3.13, 4.13) SPdP ( 3.1, 4.1)

Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengindentifikasi jenis dan makna lambang/simbol lalu lintas dengan benar.
2. Siswa dapat mengidentifikasi dan mengumpulkan data yang disajikan dalam diagram gambar dengan benar.
3. Siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur garis dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.


Sebelum memulai kuis pertanyaan dari Tema 8 untuk menambah pembelajaran yang menyenangkan biasanya saya suka membuat video bersama murid kelas 3A SDN Pinang 7, dengan melaksanakan kegiatan positif ini secara langsung dapat membangun rasa percaya diri pada murid-murid.

Karena sekarang virus Corona sedang mewabah di Indonesia bahkan sampai di dunia, maka saat ini yang akan saya tunjukkan kepada teman-teman adalah salah satu contoh video dari murid kelas 3A SDN Pinang 7 yang membahas tentang Penggunaan Bahasa Daerah Nusantara, disini mereka akan berbicara tentang "Jangan kemana-mana, tetap di rumah saja" menggunakan bahasa dari daerah mereka masing-masing.

Jika ingin melihat silahkan download video berikut dan jangan lupa Like and Subscribe nya yaaa... Download


Materi Video Diagram Batang bisa di lihat disini :

Melalui video diagram batang diatas bu guru akan memberikan soal kepada kalian untuk dikerjakan di rumah, dicatat ya soalnya ;
1) Kelas 3 SDN Pinang 7 berjumlah 30 orang siswa. Yang memiliki usia, 8 tahun sebanyak 5 orang, usia 9 tahun sebanyak 20 orang, usia 10 tahun sebanyak 10 orang.
Dari soal diatas buatlah Diagram Batangnya, dan sebutkan usia berapakah yang paling banyak jumlahnya!

*Untuk soal lainnya materi membuat Diagram anak-anak bisa download DISINI
dan dikerjakan di buku PR.

Sekarang saatnya murid kelas 3 untuk mengikuti Penilaian Ulangan Harian Tema 8 yang akan ibu guru berikan melalui Google Forms.
Sebelum kalian menjawab pertanyaan, terlebih dahulu baca dan perhatikan persyaratan dan ketentuan di Naskah Soal Ujian, untuk No Token / Password ibu guru akan berikan melalui WAG.
Penilaian Ulangan harian Tema 8 bisa di download https://forms.gle/aJ19E9cZUxpsHP3T7 Selamat Mengerjakan ...

Anak-anak semua tetap semangat, jaga kesehatan, dan selalu berdoa semoga wabah virus Corona segera berakhir.
Aamiin....


Salam hangat dari,
Ibu Guru Rina

2 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Nama saya Rina Handayanti, biasa dipanggil dengan ibu guru Rina, visi dan misi saya adalah mencerdaskan anak-anak bangsa.