Jumat, 17 April 2020

Menyikapi Kejenuhan Anak Selama Belajar di Rumah


Apakah anak sudah mulai kurang bersemangat ? dan bahkan sudah mulai mengeluh kepada Moms and Dads di rumah, kapan masa ini akan berakhir ?

Nah kita sebagai orang tua harus bisa menanggapi reaksi anak-anak seperti ini secara TEPAT.

Saat ini saya akan memberikan cara bagaimana kita membangkitkan optimisme pada anak, yaitu :

a. Pertama kita mencari waktu yang tepat untuk berbicara kepada anak, berikan kesempatan kepada anak untuk mengekspresikan perasaan dan emosi negatifnya, lalu bertanya apakah ia dan teman-temannya juga membicarakan hal yang sama, yaitu mengeluh, kurang bersemangat, sudah bosan di rumah. Sebenanya kita berusaha menyadarkan anak bahwa sikap dan perasaan negatif itu menular. Jadi jika ia dan teman-temannya membicarakan hal yang negatif maka mereka semua akan berpikiran negatif. Untuk itu kita harus mengubah sudut pandang pada anak. Kita bisa memberikan penjelasan kepada anak kalau berada dirumah juga bisa menyenangkan, contohnya bisa berkumpul dengan keluarga, masih bisa belajar online, bisa melakukan hal-hal yang menarik seperti belajar memasak bersama ibu dirumah, belajar membantu ibu membereskan rumah, dll. Jadi dari sikap perasaan positif ini ia bisa menularkan kepada teman-temannya, sehingga ia dan teman-temannya pun menjadi berpikiran positif.

b. Kedua ada baiknya kita memberitahu anak tentang wabah yang sedang melanda bangsa kita yaitu wabah virus Corona. Dan beritahu juga kepada anak informasi tentang jumlah pasien yang positif dan meninggal akibat virus Corona, agar mereka tau bahwa jika kita keluar rumah itu sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain, dan dengan kita diam di rumah secara langsung kita membantu pemerintah untuk mengurangin jumlah pasien dan kematian akibat virus Corona.
Dengan memberitahu informasi ini, anak dapat mengerti dengan keadaan yang sedang terjadi.

c. Ketiga sebagai orang tua juga kita harus memiliki jiwa yang kreatif contohnya kita bisa mengajak anak kita untuk berlatih menggambar atau melukis, bermain musik dan bisa juga bernyanyi, dll anak-anak sangat senang dengan dunia seni. Selain itu untuk melatih kegiatan positif anak sehingga anak tidak bosan di rumah. Dan lebih bagusnya lagi hasil dari kegiatan positif anak ini bisa kita posting di media sosial yang kita punya. Anak akan menjadi bersemangat. Hal ini sangat menyenangkan bukan?? apalagi kalau mendapat likes and loves yang banyak dari teman teman ayah dan ibunya.

d. Dan yang terakhir jangan lupa kita selalu mengajak anak kita untuk selalu berdoa memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar memberikan rahmat dan kuasa-Nya, supaya wabah virus Corona ini segera berakhir dari dunia ini, aamiin.,,

Jangan berhenti ya moms and dads, kita harus selalu rajin menasehati anak kita untuk tetap :
Stay at home
Stay safe and
Stay Healthy

Sebelum saya mengakhiri tulisan saya ini, mungkin ada teman-teman yang ingin bertanya dan memberi masukan atau mau berbagi pengalaman, dengan senang hati saya tunggu dikolom komentar.

Tetap Semangat yaaa...
Ibu Guru Rina









1 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Nama saya Rina Handayanti, biasa dipanggil dengan ibu guru Rina, visi dan misi saya adalah mencerdaskan anak-anak bangsa.